Karbohidrat Tingkatkan Resiko Asam Lambung Naik

Seperti yang kita ketahui, asam lambung naik akan membuat kita kehilangan momentum untuk menikmati hari yang indah.

Tapi tentu asam lambung naik datang dengan sebab. Beberapa penyebabnya justru malah hal yang kita semua tidak sangka.

Salah satunya karbohidrat. Lantas bagaimana karbohidrat mempengaruhi kinerja lambung? Kegagalan Proses Pengolahan Karbohidrat Seperti yang kita ketahui karbohidrat di dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa. Proses ini merupakan salah satu step panjang dari pencernaan karbohidrat. Dengan melepaskan pancreatic enzym, tubuh akan melakukan digesti terhadap karbohidrat. Namun bila pH dalam perut terlampau tinggi maka yang terjadi adalah maldigestion of carbohydrates.

Hal itu akan memicu asam lambung naik menuju esofagus. Kejadian ini biasa kita sebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). GERD akan memunculkan sensasi panas Pada bagian dada yang biasa disebut heartburn. Mengatasi hal ini, biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengontrol kenaikan asam lambung yang berlebihan.

Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Seperti yang kita bahas di atas, karbohidrat merupakan bahan yang sangat berguna bagi tubuh. Namun, bila konsuminya berlebihan malah dapat membahayakan bagi diri kita. Ada beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang kita jarang ketahui. Hal ini biasanya yang membuat Exaggerated intake carbohydrates.

  • Kentang
  • ketela
  • Tempe dan tahu
  • Kacang-kacangan
  • Putih telur

Memang benar jika tempe dan tahu mengandung protein nabati. Namun juga mengandung karbohidrat yang tidak sedikit. Bahkan putih telur yang sudah jelas berasal dari hewan saja ternyata kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Asam lambung naik tentu tak selalu disebabkan oleh karbohidrat bisa saja oleh kafein dan zat lainya yang lebih sensitif.

Efek dari Asam Lambung Naik

Yang pertama jelas GERD efek dari GERD ini ada beberapa macam seperti pusing, rasa terbakar di dada, pandangan kabur dan sendawa terus-menerus. Asam lambung yang naik juga dapat sebabkan maag. Rasa perih di perut saat maag terjadi akibat corrosive yang ditimbulkan oleh asam lambung yang berlebihan.

Selain itu asam lambung naik dalam jangka waktu yang lama. Dapat menyebabkan gastritis, peptic ulcer, bloating dan beberapa gejala umum lain seperti pusing, mual hingga hilangnya nafsu makan. Oleh karena itu kita perlu menjaga asupan makanan kita dan lebih memperhatikan daily carbohydrates intake.

Beberapa hal tadi merupakan efek dari tingginya asam lambung kita. Namun, tentu kita bisa menjaga tingkat pola hidup sehat dan olahraga teratur. Dengan begitu kita akan dapat terhindar dari tingginya asam lambung dan terhindar dari penyakit yang mungkin disebabkan oleh asam lambung naik.